Siapkan bantal..guling...selimut...dan doa

mungkin ini adalah tulisan paling membosankan yang akan kamu baca...tapi tetap membuatmu penasaran untuk tetap membacanya. sebelum semuanya terlambat, siapkan mentalmu kawan untuk menelusuri apa yang ada di dalam dunia saya..

Wednesday, August 18, 2010

"Boneka Abdi.."

Entah darimana asalnya ide memasukkan lagu anak "Boneka Abdi" di lagu "Story Of Peter". Idenya muncul begitu saja saat mengaransemen musiknya. Mungkin karena saya menganggap lagu ini sangat familiar ditelinga anak-anak parahyangan (bukan UNPAR ya maksudnya anak-anak tanah sunda), atau karena kesan 'menyeramkan' saat menyenandungkan lagu ini. Beberapa tahun kebelakang pun dentingan irama piano lagu anak ini sempat menjadi heboh saat menjadi backsound kedatangan 'suster ngesot' di film jelangkung...mmmh atau tusuk jelangkung..entahlah saya lupa.

Sempat sebelum memposting tulisan ini, saya mencari sumber asal mula lagu anak ini dibuat. Ternyata ini adalah lagu anak yang muncul pertama kali di Eropa, tepatnya di Jerman dan Belanda. Sampai sekarang, belum diketahui siapa yang menulis lirik ke dalam bahasa sundanya. Seperti gosip, lagu ini menyebarrr diseluruh penjuru tanah parahyangan dan menjadi lagu anak-anak yang cukup populer.





" Abditeh ayeuna..gaduh hiji boneka, teu kinten saena sareng lucuna...

ku abdi di erokan...erokna sae pisan..cing mangga tingali boneka abdi "




Terjemahan ke dalam bahasa Indonesianya kurang lebih begini, "Saya sekarang punya satu boneka...tak terkira bagusnya dan lucunya. Saya pakaikan dia rok, rok yang sangat lucu. Ayo silahkan lihatlah boneka saya.."

Sebenarnya liriknya sangat manis dan simpel, namun entah kenapa...saat mendengar nada-nada minor melalui lagamnya, sosok boneka seperti gambar diatas lah yang ada di kepala saya. Saya membayangkan sosok si anak pemilik boneka adalah gambar anak kecil yang ada di dalam bingkai fotonya...dan boneka yang dia banggakan tidak selucu yang dia gambarkan. Saya menangkap lagu anak ini adalah lagu yang sangat miris.

Sama seperti lagu "Story Of Peter", dimana lagu itu menceritakan tentang sosok hantu anak kecil yang sangat lucu, jahil dan periang. Aransemen musiknya dibuat sangat riang dan ceria dengan memasukkan beberapa instrumen menggelikan. Liriknya pun menggambarkan sosok Peter yang sangat nakal.... Tapi sebenarnya ada pesan 'miris' mengenai Peter di lagu itu, dan saya ingin orang yang mendengarkannya mampu merasakan ada 'sesuatu' dibalik sosok Peter yang  sangat menyedihkan dan kesepian.

Akhirnya secara tidak sengaja, saya memilih lagu "Boneka Abdi" ini untuk menjadi intro dan outro lagu "Story Of Peter". Dan ternyata benar, setelah menggabungkan lagu ini kedalam aransemen "Story Of Peter"...kesan 'miris' yang saya cari mengenai peter bisa saya dapatkan. Mungkin ini hanya pendapat saya saja siiiih...belum tentu kamu yang mendengarkannya mendapat kesan seperti apa yang saya dengar, tapi sejauh ini....saya sangat berterimakasih kepada lagu "Boneka Abdi" (saya lupa mengingat judul aslinya yang dalam bahasa Jerman dan Belanda itu..hehehehe maaf ya tuan tuann), karena telah berhasil memperkaya "Story Of Peter". Walaupun tidak orisinil buatan anak bangsa, saya senang loh dan merasa beruntung pernah mendengar lagu ini dan sering menyanyikannya di masa kecil dulu.

7 comments:

  1. Lagu aslinya bahasa Jerman, lagu saya waktu kecil. Judulnya 'Haenchen Klein"
    Kaget juga pas denger ada bahasa sundanya.. hehhe.

    ReplyDelete
  2. Teh Risa Seperti apa sosok Peter Itu?

    ReplyDelete
  3. gara" baca buku maddah saya jadi suka sekali dengan sarasvati. semoga ada lengkah maddah lagi, dan saya bisa ikut itu.

    ReplyDelete
  4. Salam silaturahmi.. dah lama saya mecari-cari judul dari lagu ini, untuk sebuah judul yang akan sya posting, eh ternyata dapat disini.. trima-kasih ya. mampir juga di blogku..;)

    ReplyDelete
  5. lagu ini aslinya dari jerman judulnya Hänschen klein....dirubah ke dalam berbagai bahasa.. hheu..,

    ReplyDelete
  6. Lagu anak yang bikin ga bisa tidur, sering d nyanyikan sewaktu kecil oleh ibu saya :)
    teh saraswati keren :D
    jadi pengen bikin artworknya "Boneka abdi" :)

    ReplyDelete