Siapkan bantal..guling...selimut...dan doa

mungkin ini adalah tulisan paling membosankan yang akan kamu baca...tapi tetap membuatmu penasaran untuk tetap membacanya. sebelum semuanya terlambat, siapkan mentalmu kawan untuk menelusuri apa yang ada di dalam dunia saya..

Monday, August 16, 2010

"ARWAH PENASARAN !!!"





Saya akan kutip arti perkata dari "arwah" dan "penasaran". Arwah adalah 'ruh, jiwa orang yang telah mati', penasaran adalah 'berkeras hendak berbuat sesuatu (karena kecewa) ; sangat mrnghendaki ; sangat ingin mengetahui apa-apa ; merasa tidak puas ; sangat marah'. Sekarang coba gabungkan definisi dua kata tersebut, arwah...dan penasaran....sepertinya bukan paduan kata yang bagus untuk kita telusuri artinya, sebaliknya..ini sungguh mengerikan.

Melalui pengalaman saya melihat ini dan itu, banyak sekali saya bertemu dan melakukan interaksi dengan beberapa 'arwah' yang kalau ditelusuri lebih jauh...ada suatu hal yang belum mereka tuntaskan semasa hidupnya. Bukannya tuntas, malah keluyuran kemana-mana dan akhirnyaa...terjebak dalam suatu dunia yang berada di 'tengah-tengah', saya menamakannya seperti itu..dunia 'tengah-tengah'.

Sebenarnya saya punya satu analogi tentang penasaran, tapi ini sungguh menjijikkan (maaf kalau kamu jijik).Tadi pagi saya buang air besar, dalam perjalanan menuju toilet, hati kecil saya berharap kali ini feses yang saya keluarkan akan sangat banyak, membuat perut saya menjadi kosong dan perasaan saya menjadi lebih lega. Apalah daya, ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Kenyataannya, setelah keluar toilet...perasaan saya malah menjadi semakin aneh dan merasa ada sesuatu yang harus dituntaskan. berkali kali saya masuk ke dalam toilet lagi mencoba menuntaskan yang belum tuntas (ewww.....ini sangat menjijikkan...maaf sobii sobiii). Kondisi seperti inilah yang terjadi pada arwah yang penasaran.

Kasus seperti ini banyak terjadi pada kematian akibat (maaf) bunuh diri, awalnya mungkin kematian dianggap jalan terbaik untuk menghentikan segala permasalahan yang selama ini mengganggu hidupnya. Ternyata setelah mati, persoalan yang dia derita semasa hidup terbawa sampai mati...malah semakin berat semakin berat dan semakin berat. Apa sih yang bisa dilakukan oleh arwah seperti itu???? menuntaskan rasa penasarannya semasa hiduppun akan sulit dan terhalang oleh media yang berbeda dengan kapasitasnya . Akhirnya terjebak dalam dunia 'tengah-tengah' dan mulai meracau mengganggu kita dengan kelakuan-kelakuan tidak lucunya...


13 comments:

  1. maaf kalau dalam hal ini saya tidak sependapat. saya percaya kalau yang disebut arwah penasaran itu sebenarnya adalah jin.. karena ruh atau arwah setelah lepas dari jasad akan masuk ke alam kubur. ada beberapa beberapa referensi yang bisa dijadikan acuan, namun agak sulit kalau dibahas disini (nantinya numpang nge-blog di blog orang.. :p).. kalau ada waktu kapan2 saya ingin ngobrol2 dengan risa tentang hal ini, semoga tidak keberatan.. :-)

    ReplyDelete
  2. Walaupun gw gak punya indra keenam, tapi seperti yang pernah gw baca, arwah penasaran adalah ruh orang mati yang jiwanya itu belum tenang. Seperti yang tertulis diatas, mereka penasaran akan suatu masalah di masa hidupnya yang belum dituntaskan, dan satu hal lagi terkadang mereka ingin menyampaikan pesan kepada kita tentang suatu hal yang menyangkut dirinya ataupun keluarganya.

    Dan klo gw boleh berpendapat arwah penasaran berbeda dengan kuntilanak, genderuwo, pocong, wewe gombel dll. Sebab, mereka adalah perwujudan dari jin atau iblis yang berusaha menakuti manusia, dan memang keberadaan mereka sudah dikatakan dalam Al-Quran.

    ReplyDelete
  3. Maaf saya sependapat dengan Mas Allex. Orang yang mati arwahnya tetap ada di alam barzakh, walaupun matinya dengan bunuh diri. Namun yang membedakannya dengan kematian normal adalah orang yang mati bunuh diri karena putus asa, ruhnya tidak di terima olah Allah sehingga mereka terjebak atau menggantung di antara Bumi dan Langit. Adapun masalah penampakan yang mengatasnamakan mereka (org yg sudah mati) itu tidaklah lebih dari fitnah kubur dari Jin-jin jahat atau setan untuk menakut-nakuti manusia.Dalam beberapa sumber yang pernah saya baca, bahwa sesuatu yang belum tercapai oleh mayit katanya akan muncul dalam sebuah bentuk seperti asap tapi tidak membahayakan. tapi tentang kebenarannya wallahu'alam. Intinya saya mah nggak percaya bahwa roh orang mati itu bisa menakut-nakuti manusia atau menampakan diri. karena hakikatnya alam mereka berbeda.

    ReplyDelete
  4. gak mungkin dari jaman nenek moyangnye jin sampe sekarang masih ada yang namanya goda godain manusia. apa gak bosen tuh. makanya perlu ada yang namanya penelitian yang otentik buat masalah ini

    ReplyDelete
  5. Izin menyimak aja (>̯͡⌣<̯͡)

    ReplyDelete
  6. saya cuma sedikit berkomentar,
    tuhan (ALLAH SWT dlm kontak ini) menciptakan bukan hanya dunia untuk manusia saja, jin setan mempunyai alam sendir, namun masih di tempat yang sama istilahnya beda dimensi dan sudah kodrat setan dan jin untuk menggoda manusia (sejak jama Nabi ADAM AS sudah begitu). tidak heran banyak penampakan* di sekitar kita

    banyak orang mendiskripsikan apa itu "arwah penasaran" namun itu semua adalah rahasia ilahi hanya sedikit manusia yg tau

    NB : maaf jika kurang jelas

    ReplyDelete
  7. gak ada kata bosen kali jin" jahat buat godain manusia......udah jelas" di al-quran di jelasin jin" atau syetan jahat akan terus menggoda manusia sampai hari kiamat agar sebanyak"nya manusia masuk neraka bersama mereka...na'udzubilahimindzaliq

    ReplyDelete
  8. Bagaimana dengan kenyataan di dalam kasus-kasus pembunuhan, dimana arwah almarhum memasuki alam mimpi anggota keluarganya dan menunjukkan bukti-bukti alat pembunuhan, nama pembunuh dan lokasi pembunuhan? Karena ini benar-benar terjadi di banyak kasus. Ini menunjukkan bahwa meskipun jin ada, manusia juga memiliki "kembaran" atau barangkali juga roh aslinya menghubungi orang-orang yang bisa dihubungi untuk menyelesaikan kasusnya.

    ReplyDelete
  9. Dear teh Risa, saya ingin curhat sedikit sama teteh Risa.
    Saya mempunyai teman ghaib,dia orang yang baik,dan sangat perhatian kepada saya, tetapi belakangan ini dia meminta saya untuk ikut,dan tinggal di alam jin bersama dia. Dia bilang saya harus bunuh diri,tapi saya masih ragu,dan saya berpikir apakah manusia yang mati bunuh diri ruh nya bisa pergi ke alam ghaib, jika bisa apakah saya harus ikut dengan teman jin saya untuk tinggal di alam jin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn ikuti kemauan jin tsb,,bisa sj jin tsb hanya ingin menjebak carelia,,kematian sdh ditentukan oleh Illahi,jgn mendahului ketentuanNya,saran buat carelia perbanyak ibadah aja,kl mmg dia sy sm carelia,dia tdk ada menyuruh carelia melakukan tindakan yg dilarang oleh Tuhan

      Delete
    2. Jgn ikuti kemauan jin tsb,,bisa sj jin tsb hanya ingin menjebak carelia,,kematian sdh ditentukan oleh Illahi,jgn mendahului ketentuanNya,saran buat carelia perbanyak ibadah aja,kl mmg dia sy sm carelia,dia tdk ada menyuruh carelia melakukan tindakan yg dilarang oleh Tuhan

      Delete
    3. Dear Carelia,
      Itu setan yang menggodamu. Banyak berdoa dg ayat Kursi, dan doa-doa pengusir setan/jin. Setan tidak akan bertanggung jawab terhadap jiwamu bila kamu mati. “Dan berkatalah syaitan tatkala perkara telah diselesaikan (pada hari hisab), ‘sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar dan aku pun telah menjanjikan kepadamu tapi aku menyalahinya. Dan sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, tapi aku sekedar menyeru kamu, lalu kamu memenuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu menyesali aku akan tetapi sesalilah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolong kamu dan kamu pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan kamu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu. Sesungguhnya orang-orang zalim mendapat siksa yang pedih.” (Ibrahim : 22)

      Semoga, kita tidak tertipu oleh bujuk rayu syaitan dan mengikuti jalannya selama hidup di dunia. Sehingga kita tidak menyesal nanti. Aamiin.

      Delete